Wednesday 25 January 2017

Assalamualikum . Apa kabar teman-teman semua, Akibat banyak nya pertanyaan teman-teman tentang bagaimana cara atau Contoh Pembuatan SATLAN Bimbinga Konseling, Kali ini mimin akan memperlihatkan kepada teman-teman contohnya:




SATUAN LAYANAN BK
BIMBINGAN PRIBADI


A. Nomor Satlan : 01
B. Materi Layanan : Orientasi diri dan orientasi sekolah
C. Jenis Layanan : Orientasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Bidang Bimbingan : Pribadi
F. Tugas Perkembangan : Siswa mampu memilki kemampuan untuk mengenal dan memahami karakteristik diri pribadinya sendiri, serta mempu mengenal segala sesuatu yang ada di dalam sekolahnya.

G. Rumusan Kompetensi :
Memahami karakteristik diri menjadi pribadi yang mandiri.
Mengerti betapa pentingya peranan diri sendiri dan sekolah.

H. Indikator :
Memahami karakteristik diri sendiri.
Mengenal segala sesuatu yang ada dalam sekolah
Mamapu menyesuaikan diri dengan sekolah


I. Sasaran Layanan : Peserta didik kelas X
J. Waktu Pelaksanaan : 2 x 45 menit
K. Tempat Pelaksanaan : Ruang Kelas
L. Metode Layanan : Ceramah bervariasi, tanya jawab, tugas
M. Sumber Layanan : Modul BK dan buku-buku yang relevan
N. Penyelenggara Layanan : Guru Pembimbing/ BK
O. Pihak- pihak yang diikutsertakan dan peranan masing- masing:
Para guru bidang studi, wali kelas, waka kesiswaan

P. Strategi Pembelajaran :
a.   Pendahuluan:
1. Mengucapkan salam, memeriksa situasi dan kondisi, absen, apersepsi
2. Menjelaskan pengertian Judul
3. Menjelaskan tentang tujuan yang harus dicapai
4. Menjelaskan tentang cara penilaian

b. Kegiatan inti:
1. Mengembangkan pokok- pokok pikiran dan materi yang dibahas
Menjelaskan pentingnya orientasi diri.
Menjelaskan pentingnya orientasi sekolah terhadap diri
Menjelaskan
Menunjukkan pengarahan diri menuju karier

2. Menjelaskan contoh- contoh dalam orientasi diri dan orientasi sekolah.
3. Mengidentifikasi kegiatan selama di sekolah yang mengarah pada orientasi diri dan orientasi sekolah
4. Menyampaikan permasalahan materi bahasan kepada semua peserta didik untuk menggali seberapa materi dapat dimengerti
5. Menampung semua masukan berupa jawaban, usulan, komentar dan sebagainya

c.   Penutup:
1. Bersama peserta didik, guru pembimbing menyimpulkan materi yang dibahas
2. Diberikan Post tes secara lisan dan beberapa pertanyaan

Q. Alat dan Perlengkapan : Papan tulis, spidol, dan buku sumber materi
R. Evaluasi/ Penilaian :
a. Proses :
Laiseg (penilaian segera):
Antusias siswa menerima materi
Peserta didik termotivasi untuk mengetahui diri sendiri dan orientasi sekolah dalam diri sendiri.
b. Hasil :
Laiseg (penilaian jangka pendek): Pemahaman peserta didik terhadap materi layanan perkembangan diri dalam berorientasi dengan sekolah antara satu sampai tiga bulan
Laipajang (penilaian jangka panjang): Kecakapan hidup yang diperoleh setelah satu semester
( kecakapan hidup = perubahan sikap yang sudah menetap)

S. Tindak Lanjut Layanan :
Peserta didik termotivasi untuk mengetahui betapa penting orientasi diri dan orientasi sekolah.
Mengadakan penelitian terhadap perubahan sikap peserta didik dengan kerjasama bantuan pengawas dari guru bidang studi dan wali kelas

T. Catatan Khusus : ....................................................




Mengetahui, GURU PEMBIMBING
GURU PAMONG




( ............................. ) ( ......................... )
Nip.


0 comments:

Popular Posts