Tuesday 22 May 2012

Assalamualaikum ..
Segala puji Allah SWT yang telah melimpahkan rahmad dah Hidayahnya kepada kita semua..
Seiring dengan berjalan nya waktu maka sudah saatnya di penghujung waktu HMJ periode 2011-2012,
maka dengan Ini HMJ dalam waktu dekat akan melakukan Pemilihan Raya (PEMIRA). Untuk HMJ periode 2012-2013 yang akan mendatang.
diharapkan kepada seluruh elemen untuk dapat berpartisipasi hingga terselenggaranya acara tersebut.
sekian terima kasih.

Saturday 19 May 2012

Tahapan Proses Layanan Konseling Perorangan


Proses Layanan Konseling IndividualDari beberapa jenis layanan Bimbingan dan Konseling yang diberikan kepada peserta didik, tampaknya untuk layanan konseling perorangan perlu mendapat perhatian lebih. Karena layanan yang satu ini boleh dikatakan merupakan ciri khas dari layanan bimbingan dan konseling, yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus
Dalam prakteknya, memang strategi layanan bimbingan dan konseling harus terlebih dahulu mengedepankan layanan – layanan yang bersifat pencegahan dan pengembangan, namun tetap saja layanan yang bersifat pengentasan pun masih diperlukan. Oleh karena itu, guru maupun konselor seyogyanya dapat menguasai proses dan berbagai teknik konseling, sehingga bantuan yang diberikan kepada peserta didik dalam rangka pengentasan masalahnya dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Secara umum, proses konseling terdiri dari tiga tahapan yaitu: (1) tahap awal (tahap mendefinisikan masalah); (2) tahap inti (tahap kerja); dan (3) tahap akhir (tahap perubahan dan tindakan).
A. Tahap Awal
Tahap ini terjadi dimulai sejak klien menemui konselor hingga berjalan sampai konselor dan klien menemukan masalah klien. Pada tahap ini beberapa hal yang perlu dilakukan, diantaranya :
  • Membangun hubungan konseling yang melibatkan klien (rapport). Kunci keberhasilan membangun hubungan terletak pada terpenuhinya asas-asas bimbingan dan konseling, terutama asas kerahasiaan, kesukarelaan, keterbukaan; dan kegiatan.
  • Memperjelas dan mendefinisikan masalah. Jika hubungan konseling sudah terjalin dengan baik dan klien telah melibatkan diri, maka konselor harus dapat membantu memperjelas masalah klien.
  • Membuat penaksiran dan perjajagan. Konselor berusaha menjajagi atau menaksir kemungkinan masalah dan merancang bantuan yang mungkin dilakukan, yaitu dengan membangkitkan semua potensi klien, dan menentukan berbagai alternatif yang sesuai bagi antisipasi masalah.
  • Menegosiasikan kontrak. Membangun perjanjian antara konselor dengan klien, berisi: (1) Kontrak waktu, yaitu berapa lama waktu pertemuan yang diinginkan oleh klien dan konselor tidak berkebaratan; (2) Kontrak tugas, yaitu berbagi tugas antara konselor dan klien; dan (3) Kontrak kerjasama dalam proses konseling, yaitu terbinanya peran dan tanggung jawab bersama antara konselor dan konseling dalam seluruh rangkaian kegiatan konseling.
B. Inti (Tahap Kerja)
Setelah tahap Awal dilaksanakan dengan baik, proses konseling selanjutnya adalah memasuki tahap inti atau tahap kerja.
Pada tahap ini terdapat beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya :
  • Menjelajahi dan mengeksplorasi masalah klien lebih dalam. Penjelajahan masalah dimaksudkan agar klien mempunyai perspektif dan alternatif baru terhadap masalah yang sedang dialaminya.
  • Konselor melakukan reassessment (penilaian kembali), bersama-sama klien meninjau kembali permasalahan yang dihadapi klien.
  • Menjaga agar hubungan konseling tetap terpelihara.
Hal ini bisa terjadi jika :
  • Klien merasa senang terlibat dalam pembicaraan atau waancara konseling, serta menampakkan kebutuhan untuk mengembangkan diri dan memecahkan masalah yang dihadapinya.
  • Konselor berupaya kreatif mengembangkan teknik-teknik konseling yang bervariasi dan dapat menunjukkan pribadi yang jujur, ikhlas dan benar – benar peduli terhadap klien.
  • Proses konseling agar berjalan sesuai kontrak. Kesepakatan yang telah dibangun pada saat kontrak tetap dijaga, baik oleh pihak konselor maupun klien.
C. Akhir (Tahap Tindakan)
Pada tahap akhir ini terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu :
  • Konselor bersama klien membuat kesimpulan mengenai hasil proses konseling.
  • Menyusun rencana tindakan yang akan dilakukan berdasarkan kesepakatan yang telah terbangun dari proses konseling sebelumnya.
  • Mengevaluasi jalannya proses dan hasil konseling (penilaian segera).
  • Membuat perjanjian untuk pertemuan berikutnya
Pada tahap akhir ditandai beberapa hal, yaitu ; (1) menurunnya kecemasan klien; (2) perubahan perilaku klien ke arah yang lebih positif, sehat dan dinamis; (3) pemahaman baru dari klien tentang masalah yang dihadapinya; dan (4) adanya rencana hidup masa yang akan datang dengan program yang jelas.

Referensi :
Oleh : Akhmad Sudrajat

Tuesday 15 May 2012

(Oleh : Irman Siswanto)
Ada 3 Dasar Tri Darma Perguruan Tinggi yakni, Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian.
Mengingat semua mahasiswa nantinya juga akan kembali menjadi masyarakat, Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh (15-0512) Kembali Memberangkatkan Mahasiswa yang ingin melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Melalui Jalur Mandiri yang tersebar diberbagai Wilayah yang ada di Aceh Jaya, Sebelumnya Mahasiswa yang mengambil KPM PAR yang sekarang tersebar di bagian Tengah aceh. Selanjutnya pada tanggal 16 Mei 2012 Pihak Panitia juga akan memberangkatkan Mahasiswa KPM yang akan di tempatkan di daerah Pidie,dan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) adalah salah satu Persyaratan Wajib Bagi Mahasiswa IAIN Ar-Raniry dan termasuk dalam Sistem Kredit Semester yang berbobot 4.
Sekitar pukul 08.00 Wib Dari jauh terlihat Mobil Minibus dan Ratusan Mahasiswa yang sedang menunggu detik-detik keberangkatan kelokasi-lokasi  yang telah ditentukan.

Monday 7 May 2012


SEMINAR KONSELING
Tema: “Profesionalisasi dan Kompetensi  Guru Bimbingan Konseling Menurut PERMENDIKNAS Nomor 27, Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor”

Himpunan Mahasiswa jurusan Kependidikan Islam Prody Bimbingan dan Konseling IAIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh mengadakan Seminar Bimbingan dan Konseling Yang bertema “ Profesionalisasi Guru Bimbingan dan Konseling Menurut Permendiknas No. 27 Tahun 2008, Tentang Standar Kualifikasi akademik Konselor (SKKAK).

Kegiatan ini dilaksanakan hari ini Sabtu, 05 Mei 2012 di Aula Lantai 3 Pasca Sarjana IAIN Ar-Raniry pada pukul 08.30 wib s.d 13.00 wib,
   
Dalam acara ini menghadirkan   Pemateri Diantaranya Dr. M. Jamil Yusuf, M.Pd (Dosen Senior Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry), Hetty Zuliani, M.Pd (Wakil Ketua ABKIN (Asosiasi Bimbingan Konseling ) Aceh, Kurniawan, M.Pd, Kons ( Praktisi Bimbingan Konseling Di Sekolah) .

Dari Kiri : Ibu Jamaliah Hasballah, Ibu Muslima, Ibu Miftahul jannah, Bapak Kurniawa ( Pemateri ), Bapak Dr. M. Jamil Yusuf (Pemateri), Safrijal (Sekum HMJ KI/BK), Irman Siswanto (Ketua Umum HMJ KI/BK), Dan Bapak Jasmadi Ali


Thursday 3 May 2012

Assalamualaikum wr...wb...
Dengan Tidak mengurangi Rasa Hormat, Kami HMJ TKI/BK IAIN Ar-Raniry, Mengundang Seluruh ALUMNI BK Pada Acara seminar Pendidikan Bimbingan Konseling yang Insyaallah akan diselenggarakan pada
Hari Sabtu, 05 Mei 2012
Tempat : Aula Pasca Sarjana IAIN Ar-Raniry Drussalam Banda Aceh,
Jam : 08.30 s/d Selesai.
yang akan menghadiri pemateri-pemateri yang Professional dibidangnya.........
1. Drs.Abu Bakar, MSi ( Ketua ABKIN Aceh )
2. Dr.M. Jamil Yusuf ,M.Pd. ( Dosen Senior Dakwah IAIN Ar-Raniry )
3. Kurniawan, S.Pd, M.Pd, Kons ( Praktisi Bimbingan dan Konseling di Sekolah)
Maka dari itu kami mengajak Kakanda2 dan Kakak kami Tercinta untuk berpartisipasi dan Memberikan Moril Maupun METERIL di acara tersebut.
dengan mendaftarkan diri ke sekret HMJ TKI/BK Lt. 2 kampus Unida Surien.
atau dengan Cara Ketik Nama(spasi)alamat(spasi)Pekerjaan/Universitas bagi yang masih Kuliah. Kirim ke Nomor yang tertera dibawah.

Mohon Infaq hanya
Untuk Guru Rp. 50.000,
Umum/
Mahsiswa Rp. 15.000
Mahasiswa TKI/BK Sendiri Rp. 10.000
Fasilitas:
- Makan siang
- Snack
- Sertifikat.

CP: 0852 7017 0964 ( Irman - Ketua HMJ )
CP: 0852 6055 3312 ( Safrijal - Ketua Panitia )

Pendaftaran berakkhir hari Jum`at, 04 Mai 2012

MOHON BANTUAN SUMBANGAN SEIKHLASNYA.
KAMI SANGAT BERHARAP KAKANDA2 DAN KAKAK2 BISA HADIR, mohon Maaf bila undangannya tidak bisa kami kirim per orang dikarenakan kondisi.
Was...

Popular Posts